View all posts

Terhindar sesat saat Haji dan Umrah di Tanah Suci dengan GPS

Melaksanakan haji maupun umroh tentu membutuhkan persiapan yang tidak sedikit. Persiapan fisik, mental, ilmu haji / umroh hingga yang tidak bisa diabaikan begitu saja yaitu informasi seputar kota suci yang ada di Arab Saudi. Hal ini penting adanya agar terhindar dari hilangnya komunikasi sehingga anda pun tersesat di kota tersebut.

Pemahaman tentang seluk beluk kota yang penuh dengan manusia yang berpakaian sama dengan jumlah ribuan. Biasanya pihak pemerintah sudah menerjunkan beberapa personil pengaman di sekitar Masjidil Haram yang dibantu oleh beberapa mahasiswa Timur Tengah dan dilakukan selama 24 jam penuh tanpa henti. Kemudahan yang diberikan ini bukan membuat anda terlena. Sebaiknya, sebagai calon jamaah harus mempersiapkan adanya kemungkinan tersesat bisa terjadi.

1. Menghafal lokasi pemondokan ketika akan berangkat untuk melakukan ibadah adalah hal utama yang harus dilakukan. Misalnya nama jalan, gedung yang mudah dikenali ataupun lokasi sekitar seperti bentuk atau ciri khas dari daerah tersebut. Jika kurang dalam mengingat, bawalah nomor telepon atau catat alamat dimana lokasi penginapan anda.
Tampilan Saudi Arabia di MapSource
2. Membagi menurut kriteria Rombongan hendaknya dapat dijadikan pedoman untuk tidak tersesat. Artinya hindari terlepas dari rombongan pada saat berangkat. Jika memerlukan waktu untuk melakukan kewajiban pribadi, hendaknya beritahukan kepada pimpinan rombongan.

3. Jika beberapa alasan telah menyebabkan anda tersesat, maka carilah atau hubungi pos petugas haji yang biasanya berlokasi di daerah tertentu. Perhatikan lambang kenegaraan berupa bendera merah putih dan segeralah beritahukan kesulitan yang anda hadapi. Dan jangan lupa untuk selalu membawa tanda pengenal agar mudah dikenali sehingga memudahkan petugas menemukan lokasi pemondokan.

Walaupun berbagai tips atau kiat selalu diberikan kepada calon jamaah namun tidak menutup kemungkinan anda bisa tersesat. Anda mempunyai GPS saatnya anda isi dengan maps di gps anda dengan peta sekitar Jazirah Arab.

Contoh perjalanan umrah yang ditracking dari Indonesia bisa didownload disini terlihat seperti pada gambar dibawah ini.
Tampilan Peta Asia di Garmin Basecamp
Kami tampilkan peta hanya sekitar Saudi Arabia saja yang filenya kecil. .
Download peta sekitar Saudi Arabia dibawah ini sekitar 132 Mb (kami split menjadi 3 file)
 Ads by Google    > File 1       > File 2       > File 3

Petunjuk pemakaian
1. Download semua file (gmapsupp.part1 s/d gmapsupp.part3) letakkan dalam satu folder
2. Buka dengan winrar sehingga terbentuk file gmapsupp
3. Buat folder garmin dan masukkan hasil dari winrar ke folder garmin
4. Copy folder garmin yang sudah ada file gmapsupp ke dalam microsd dan masukkan ke gps anda

Bila kesulitan bisa menghubungi kami

Tampilan Al Masjid Al Haram di GPS Etrex 30
Tampilan Al Masjid Al Haram di Garmin Basecamp

Update : Terhindar sesat saat Haji dan Umrah di Tanah Suci dengan GPS (OSM v30) klik disini
 

No comments:

Post a Comment