View all posts

GPS Bagi Pemula

Akhir-akhir ini GPS (Global Positioning System) makin disukai oleh banyak orang, terutama kawula muda. GPS juga makin banyak tersedia di toko-toko, baik yang berupa alat terpisah, atau digabungkan dengan PDA ataupun telpon genggam.

Hal ini mulai membuat banyak orang bertanya-tanya, “Apa sih GPS itu?”, “Berguna untuk apa?”, “Apa bedanya dengan menggunakan peta?”. Pertanyaan – pertanyaan seperti ini sering ditanyakan oleh banyak orang. Pertanyaannya sederhana, tetapi agak sulit untuk menjawab secara singkat.

Seringkali kita bertanya kepada orang lain tentang lokasi sebuah tempat atau gedung, jawaban yang akan kita terima biasanya seperti: lurus sampai lampu merah kedua, lalu belok ke kiri sampai bertemu perempatan, lalu belok ke kanan. Jawaban akan makin rumit bila lokasi yang ingin dicapai terletak jauh dari lokasi awal. Memang betul bahwa dengan menggunakan peta kertas, dapat mempermudah menunjukkan lokasi. Hal ini juga sudah sering dilakukan oleh banyak orang selama ini. Tetapi, tidak setiap saat kita membawa peta, dan akan menjadi sulit dan berbahaya ketika kita mengemudi sambil melihat peta kertas. Dengan GPS, maka jawaban yang akan kita terima menjadi sangat singkat, misalnya: S6 10.525 E106 49.634. Lalu dengan menekan beberapa tombol, maka petunjuk jalan akan muncul di layar GPS. 

Pertanyaan yang juga sering dilontarkan adalah: Apakah kita harus mempunyai GPS? Bagi masyarakat umum, jawabannya adalah TIDAK. Kita tidak harus memiliki sebuah GPS, tanpa GPS kegiatan sehari-hari akan tetap bisa dijalankan seperti biasa. Walaupun begitu, GPS akan mempermudah perjalanan, baik dalam kota maupun luar kota, baik dengan kendaraan bermotor ataupun jalan kaki. 

Lalu, mengapa GPS dijual dan mengapa banyak orang rela mengeluarkan uang untuk membelinya? Nah, itulah tujuan buku ini. Penulis berusaha untuk menjelaskannya secara ringan, berusaha meninggalkan penjelasan yang terlalu dalam yang akan sulit dimengerti.

Berikut Buku GPS Bagi Pemula
Klik pada gambar ke 2 untuk membacanya






















































































































No comments:

Post a Comment